Pertanyaan kedua tentang makna firman Allah ‘Azza wa Jalla, “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan memberinya jalan keluar…” (QS. Ath-Thalaq: 2).
“Barang siapa bertakwa kepada Allah” yakni merealisasikan ketakwaan kepada Allah ‘Azza wa Jalla, yaitu dengan mengikuti segala perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya, serta beristiqamah dalam ketaatan kepada Allah ‘Azza wa Jalla, maka ketakwaan ini akan menghasilkan buah yang agung di dunia dan akhirat.
Di antara buah tersebut adalah Allah Ta’ala akan memberi jalan keluar untuk orang yang bertakwa itu. Yaitu ketika dia berada dalam masalah, Allah Ta’ala akan memberinya jalan keluar.
Jika dia sedang melewati masa sulit, Allah memberinya jalan keluar. Jika dia sedang berada dalam musibah, Allah memberinya jalan keluar, berkat ketakwaannya kepada Allah ‘Azza wa Jalla.
Sebagaimana sabda Nabi ‘alaihis shalatu wassalam, “Kenalilah Allah pada masa lapang, maka Allah akan mengenalmu pada masa sulit.” (HR. Ahmad).
Di antara buah ketakwaan adalah Allah memberi solusi dan jalan keluar bagi orang-orang bertakwa.
Dan juga “Allah memberinya rezeki dari arah yang tidak dia kira.” (QS. ath-Thalaq: 3).
Allah memberinya pintu-pintu rezeki yang tidak dia sangka-sangka.
Oleh sebab itu, seorang ulama Salaf berkata, “Orang yang bertakwa tidak akan miskin.” Karena orang bertakwa, Allah Ta’ala memberinya rezeki dari arah yang tidak dia kira dan memberinya jalan keluar.
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Apakah Kami menjadikan orang-orang bertakwa sama dengan orang-orang jahat?” (QS. Shad: 28).
Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi balasan bagi orang bertakwa di dunia, sebelum kelak di akhirat. “Barang siapa yang beramal saleh, baik laki-laki atau perempuan, dan dia beriman, maka sungguh akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik…” Yakni di dunia.
“…dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. an-Nahl: 97).
Allah ‘Azza wa Jalla memberi kehidupan yang baik bagi hamba-Nya di dunia. Memberi solusi baginya dari kegalauan dan kesulitannya, apabila dia beristiqamah di atas ketaatan kepada Allah ‘Azza wa Jalla.
Ini adalah balasan yang disegerakan di dunia. Adapun balasan yang sempurna dan pemberian pahala sepenuhnya adalah kelak di hari kiamat.
Sekian.
====
السُّؤَالُ الثَّانِي عَنْ مَعْنَى قَوْلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ أَنْ يُحَقِّقَ التَّقْوَى لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَذَلِكَ بِاتِّبَاعِ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيهِ وَالِاسْتِقَامَةِ عَلَى طَاعَةِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فَإِنَّ هَذِهِ التَّقْوَى تُثْمِرُ ثَمَرَاتٍ عَظِيمَةً فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
وَمِنْ هَذِهِ الثَّمَرَاتِ أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَجْعَلُ لِهَذَا الْمُتَّقِي مَخْرَجًا بِحَيْثُ إِذَا وَقَعَ فِي كُرْبَةٍ يَجْعَلُ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ الْمَخْرَجَ
إِذَا مَرَّتْ بِهِ ضَائِقَةٌ يَجْعَلُ اللَّهُ لَهُ الْمَخْرَجَ إِذَا وَقَعَ فِي مُصِيبَةٍ يَجْعَلُ اللَّهُ لَهُ الْمَخْرَجَ بِسَبَبِ تَقْوَاهُ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
كَمَا قَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ تَعَرَّفْ إِلَى اللَّهِ فِي الرَّخَاءِ يَعْرِفْكَ فِي الشِّدَّةِ
فَمِنْ ثَمَرَات التَّقْوَى أَنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَجْعَلُ الْفَرَجَ وَالْمَخْرَجَ لِلْمُتَّقِيْنَ
وَأَيْضًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
يَسُوقُ اللَّهُ لَهُ أَبْوَابًا مِنَ الرِّزْقِ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
وَلِذَلِكَ يَقُولُ بَعْضُ السَّلَفِ مَا افْتَقَرَ تَقِيٌّ مَا افْتَقَرَ تَقِيٌّ لِأَنَّ الْمُتَّقِيَّ يَرْزُقُهُ اللَّهُ تَعَالَى مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَيَجْعَلُ لَهُ مَخْرَجًا
وَاللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ أَمْ نَجْعَلُ الْمُتَّقِينَ كَالْفُجَّارِ
فَاللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يُعْطِي الْمُتَّقِيَّ جَزَاءَهُ فِي الدُّنْيَا قَبْلَ الْآخِرَةِ مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً فِي الدُّنْيَا
وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
فَاللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يُعْطِي عَبْدَهُ الْحَيَاةَ الطَّيِّبَةَ فِي الدُّنْيَا وَيُفَرِّجُ عَنْهُ هُمُومَهُ وَكُرْبَتَهُ إِذَا هُوَ اسْتَقَامَ عَلَى طَاعَةِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
وَهَذَا جَزَاءٌ مُعَجَّلٌ وَإِلَّا فَإِنَّ الْجَزَاءَ الْكَامِلَ وَالتَّوْفِيَةَ تَوْفِيَةَ الْأُجُورِ إِنَّمَا تَكُونُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
نَعَمْ